Search This Blog

Amien Rais Dukung Konvensi Capres 2019

JAKARTA, (PR).- Tokoh reformasi yang juga mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Muhammad Amien Rais, mendukung rencana penyelenggaraan Konvensi Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2019. Dia berharap melalui konvensi tersebut dapat dihasilkan pemimpin bangsa yang cerdas, berkualitas dan berahlak mulia.

"Saya menyambut gembira langkah-langkah untuk mencari putra-putri terbaik bangsa yang layak untuk dijadikan Capres atau Cawapres," ujar Amien Rais, dalam diskusi dengan pengurus Perkumpulan Masyarakat Profesional yang tergabung dalam Solidaritas Muslim Alumni Universitas Indonesia (Solusi UI) di kediaman Amin Rais di kawasan Gandaria Jakarta Selatan, Kamis 29 Maret 2018.

Menurut Amien, niat baik Organisasi alumni seperti Solusi UI memilih Capres dan Cawapres, terkadang jauh lebih objektif dan berkualitas. Sebab, organisasi ini tidak berafiliasi dan tidak disandera oleh kepentingan Parpol manapun.

"Kadang-kadang pemikiran dan langkah seperti ini lebih objektif dan berbobot karena jauh dari kepentingan politik praktis dan pragmatis," ujar pria yang juga mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah.

Dia berharap orang-orang yang dipilih dan diseleksi adalah yang selalu berpatokan dan menggunakan Alquran dan hadist Nabi dalam kehidupan sehari-harinya. Sebab, orang yang menggunakan Alquran dan Hadist sebagai pedoman hidupnya lebih mencintai bangsa dan negara sehingga pada saat memimpin bangsa dan negara Republik Indonesia taat hukum dan tidak akan melakukan perbuatan yang merugikan rakyat dan negara baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Menurut Amien Rais, saat ini bangsa dan negara Indonesia membutuh sosok pemimpin yang benar-benar dapart membawa bangsa dan negara Republik Indonesia keluar dari berbagai krisis. Juga dapat melindungi kepentingan rakyat dan negara Indonesia beserta aset-aset berharganya dari  gangguan dan pencaplokan negara-negara lain baik yang dilakukan diam-diam maupun secara terang-teranagan. 

Selain itu, tokoh dan calon pemimpin bangsa dan negara tersebut tidak mementingkan pencitraan. Tapi benar-benar bekerja untuk kepentingan dan masa depan bangsa dan negara. “Saya sangat yakin, tokoh semacam itu ada di kampus-kampus besar seperti UI maupun perguruan tinggi lainnya,” papar Amin Rais.

Didahului poling terbuka

Sementara itu, Ketua Umum Solusi UI Sabrun Jamil mengatakan,  dalam Konvensi Calon Presiden dan Wakil Presiden 2019 akan diambil dari kalangan akademisi dan alumni UI. Sebelum  itu, akan digelar poling terbuka yang diikuti oleh seluruh alumni UI untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat alumni siapa akademisi dan politisi maupun birokrat alumni UI yang pantas dipilih menjadi memimpin bangsa dan NKRI untuk periode 2019-2024 mendatang.

"Kriteria utama alumni UI yang akan kami dorong untuk dipilih menjadi pemimpin bangsa adalah bertaqwa kepada Allah SWT. Terbebas dari berbagai tindakan dan indikasi korupsi serta tindak pidana lainnya, berpengalaman di pemerintahan tingkat pusat atau aktif di Perpolitikan tingkat nasional,"papar Sabrun Jamil.

Sekjen Solusi UI Eman Sulaeman Nasim menyebut rencana Konvensi Capres maupun Cawapres  akan diadakan pada pertengahan atau akhir April 2018 di Jakarta. Nama-nama tokoh yang keluar dan dianggap pantas menjadi Capres maupun Cawapres nantinya akan disampaikan kepada pimpinan Partai Politik yang memiliki kursi di DPR RI. 

Nama yang keluar ini tentu untuk dipinang atau dipertimbangkan menjadi Capres atau Cawapres baik berpasangan dengan petahana Joko Widodo, atau Prabowo Subianto atau poros ketiga.  “Tujuan kami adalah memberikan alternatif pemimpin yang memiliki integritas dan leadership yang disukai rakyat," ujarnya.

"Soal pilihan, kami serahkan pertama kepada para petinggi partai politik  pemilik kursi di DPR RI. Karena tanpa dukungan parpol pemilik kursi DPR RI, sesuai undang-undang pemilu kita tidak bisa mencalonkan seseorang jadi capres maupun Cawapres. Yang kedua, serahkan pada Rakyat Indonesia sebagai pemilik suara dan pemilik negara ini. Siapa tokoh yang pantas dipilih menjadi Presiden dan wakil Presiden,” papar dosen UI ini.***

Let's block ads! (Why?)

Baca Dong Selanjut nya http://www.pikiran-rakyat.com/nasional/2018/03/29/amien-rais-dukung-konvensi-capres-2019-422079

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Amien Rais Dukung Konvensi Capres 2019"

Post a Comment

Powered by Blogger.