Search This Blog

Tanggapi Amien Rais, KPK Tegaskan Penanganan Kasus Korupsi Tak Tebang Pilih

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais meminta Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) tak tebang pilih dalam penanganan kasus dugaan korupsi.

Hal itu ia ungkapkan terkait pencegahan ke luar negeri Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan. Pencegahan terhadap Taufik terkait kepentingan perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Menanggapi itu, Juru Bicara KPK Febri Diansyah menegaskan pada dasarnya pencegahan ke luar negeri, dan prosedur hukum lainnya yang dilakukan KPK telah berjalan sesuai koridor hukum yang berlaku.

Febri juga menjamin, penanganan berbagai kasus korupsi di KPK tak diintervensi oleh kepentingan apapun.

Baca juga: Datangi KPK, Amien Rais Ingin Bertemu Ketua KPK

"Tentu saja penanganan perkara di KPK hanya akan bejalan di koridor hukum, dan tidak dapat dipengaruhi oleh cara-cara lain di luar aspek hukum," kata Febri dalam keterangan persnya, Senin (29/10/2018).

Ia menegaskan, KPK juga telah memproses banyak pelaku kasus korupsi dari berbagai latar belakang, mulai dari anggota DPR, DPRD, kepala daerah hingga pejabat lainnya.

"Kami sarankan agar KPK tidak ditarik ke ranah politik. Karena proses hukum dalam kasus ini, termasuk pelarangan ke luar negeri, adalah bagian dari proses hukum penanganan kasus korupsi," papar dia.

Sebagai informasi, KPK akan menunda pengumuman status Taufik Kurniawan hingga Selasa (30/10/2018) besok.

Menurut dia, penundaan dilakukan demi menghormati pihak korban Pesawat Lion Air JT 610 yang sedang berduka. Pesawat dengan rute Jakarta-Pangkal Pinang itu terjatuh pada Senin pagi.

"Rencana konpers (konferensi pers) hari ini kita tunda dulu. Insya Allah besok (Selasa) bisa dilaksanakan. Hari ini sedang dalam kondisi bela sungkawa atas insiden tadi pagi (kecelakaan pesawat Lion Air JT 610)," kata dia.


Let's block ads! (Why?)

Baca Dong Selanjut nya https://nasional.kompas.com/read/2018/10/29/16372521/tanggapi-amien-rais-kpk-tegaskan-penanganan-kasus-korupsi-tak-tebang-pilih

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tanggapi Amien Rais, KPK Tegaskan Penanganan Kasus Korupsi Tak Tebang Pilih"

Post a Comment

Powered by Blogger.