Search This Blog

Eksekusi Mati Tuti Tanpa Notifikasi dari Pemerintah Arab Saudi, Indonesia Sampaikan Protes

SERAMBINEWS.COM - Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal, membenarkan bahwa Pemerintah Arab Saudi telah mengeksekusi mati pekerja Migran asal Majalengka, Tuti Tursilawati, pada Senin (29/10/2018), di Kota Ta'if.

Tuti merupakan terpidana kasus pembunuhan tehadap majikannya yang terjadi pada 2010.

"Bahwa WNI atas nama Tuti Tursilawati, terpidana kasus pembunuhan berencana terhadap ayah majikan warga negara Arab Saudi pada tahun 2010, telah menjalani hukuman mati pada 29 oktober 2018 di kota Ta'if," ujar Iqbal saat memberikan keterangan pers di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Selasa (30/10/2018).

Menurut Iqbal, eksekusi mati Tuti dilakukan oleh Pemerintah Arab Saudi tanpa ada pemberitahuan atau notifikasi lebih dulu kepada pihak KBRI di Riyadh maupun KJRI Jeddah.

Terkait hal itu, Pemerintah Indonesia telah menyampaikan keprihatinan dan protes terhadap Pemerintah Arab Saudi.

Iqbal mengatakan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah menyampaikan protes kepada Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel Al-Jubeir pada Senin (29/10/2018).

Kemudian, Selasa (30/10/2018), Menlu Retno memanggil Duta Besar Arab Saudi di Jakarta untuk menyampaikan protes secara langsung.

"Satu hal yang sangat disayangkan oleh Pemerintah Indonesia adalah bahwa eksekusi terhadap Tuti dilakukan oleh Penerintah Arab Saudi tanpa notifikasi pada pewakilan kita, baik KBRI Riyadh maupun KJRI Jeddah," kata Iqbal.

Baca: Alasan belum Cairkan Dana Kongres KNPI, Kadispora: Saya Trauma Dengan Pengalaman Dipanggil KPK

Baca: Sudah Ada 48 Kantong Jenazah Korban Lion Air JT610, Kotak Hitam dan Badan Pesawat Belum Ditemukan

Sementara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memastikan bahwa Pemerintah RI telah menyampaikan keberatan atau protes terkait eksekusi mati terhadap warga negara Indonesia bernama Tuti Tursilawati.

Tuti, yang merupakan pekerja migran, dieksekusi tanpa pemberitahuan kepada Pemerintah RI.

Let's block ads! (Why?)

Baca Dong Selanjut nya http://aceh.tribunnews.com/2018/10/31/eksekusi-mati-tuti-tanpa-notifikasi-dari-pemerintah-arab-saudi-indonesia-sampaikan-protes

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Eksekusi Mati Tuti Tanpa Notifikasi dari Pemerintah Arab Saudi, Indonesia Sampaikan Protes"

Post a Comment

Powered by Blogger.