Search This Blog

Bandara Pekanbaru Diklaim Tak Terganggu Demo Tolak Neno

Jakarta, CNN Indonesia -- Pengelola Angkasa Pura II Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru menyatakan aktivitas penerbangan tidak terganggu demonstrasi pengadangan kedatangan Neno Warisman, Sabtu (25/8) petang.

"Sejauh ini penerbangan di Bandara SSK II tidak ada masalah dan berjalan normal, baik kedatangan maupun keberangkatan," kata General Manager Bandara SSK II Pekanbaru Jaya Tahoma Sirait di Pekanbaru, Riau, Sabtu (25/8) seperti dikutip dari Antara.

Jaya Tahoma menjelaskan Neno Warisman memang tiba di Bandara SSK II naik Batik Air ID.7065 dari bandara Halim Perdanakusuma Jakarta pada petang tadi.


Namun sejauh ini walau ada aksi massa penolakan, itu tidak mengganggu proses kedatangan maupun keberangkatan pesawat di bandara tersebut.

Jaya mengatakan hal itu terjadi karena para pedemo yang menolak kedatangan Neno berada di luar bandara atau gerbang menuju bandara. Ia yakin pengaturan dan pengamanan di luar bandara oleh kepolisian dan TNI dilakukan sepenuhnya dan maksimal.

"Karenanya, kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama semua pihak dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Bandara SSK II," kata Jaya Tahoma.

Sebelumnya diberitakan sekitar seratusan orang melakukan aksi menolak kedatangan Neno di Bandara Sultan Syarif Kasim, Kota Pekanbaru,Sabtu. Mereka menolak Neno yang akan melakukan deklarasi gerakan #2019GantiPresiden pada Minggu (26/8) di ibukota Provinsi Riau tersebut.

Massa tersebut membentangkan beberapa spanduk bertuliskan tolak deklarasi ganti presiden pada ruas jalan pintu keluar bandara. Pada tempat itu juga aparat keamanan TNI dan kepolisian menutup akses massa dengan pagar untuk masuk bandara.

Akibat aksi tersebut, jalan keluar Bandara Pekanbaru diarahkan pada ruas jalan masuk. Sekelompok orang, pihak keamanan, wartawan maupun masyarakat tetap menumpuk pada ruas jalan keluar.


Pada saat bersamaan juga ada massa dari pihak yang ingin agar Neno Warisman dibolehkan keluar dari bandara.

"Kami imbau kepada kepolisian tolong buka pagar dan dipersilakan tamu kami Neno keluar," kata Budi Febriadi, mewakili massa, di Pekanbaru, Sabtu.

Sementara itu, dilansir dari akun Twitter Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon, pada pukul 21.33 WIB, diposting video rekaman Neno yang mengaku masih berada di dalam mobil tak bisa keluar dari Bandara SKK II.

"Saya masih berada di dalam mobil bagi semua masyarakat yang mengikuti apa yang terjadi di pekanbaru, tanah melayu yang mulia," tutur Neno dalam video tersebut.


Atas situasi yang terjadi itu. Fadli pun mengkritik pihak yang mengadang rombongan Neno. Fadli yang ditelepon Neno soal pengadangan di Riau tersebut mengatakan terkait pengadangan tersebut sebagai, "Upaya-upaya seperti ini jelas merupakan pelanggaran terhadap Hak Asasi Manusia, terhadap hak-hak warga negara yang telah diatur dalam konstitusi."

"Apalagi KPU dan Bawaslu telah menyatakan bahwa #2019GantiPresiden bukan merupakan kampanye. Karena itu kami mengimbau kepada aparat dan juga masyarakat untuk memberi kebebasan dan keleluasaan kepada siapapun dari kelompok masyarakat untuk menyampaikan pendapat," demikian keterangan Fadli.

Bagi Neno, ini bukanlah kali pertama dirinya ditolak saat hendak mengikuti kegiatan deklarasi #2019GantiPresiden. Sebelumnya pada 28 Juli lalu, Neno bersama rombongannya pun diadang massa saat akan menggelar deklarasi tersebut di Batam, Kepulauan Riau.

Kala itu, Neno diadang massa yang menolak kedatangannya di luar Bandara Hang Nadim, Batam. Neno yang tiba di bandara tersebut sekitar pukul 17.00 WIB pun tertahan di sana sebelum akhirnya bisa keluar lepas tengah malam.

Situasi panas di Batam itu pun ditangkap Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat. Pada awal bulan ini MUI Jabar mengeluarkan imbauan agar deklarasi gerakan tagar tersebut batal dilakukan di Kota Bandung.

"Kami tidak ingin seperti di Batam. Dan setelah kami mendapatkan informasi [rencana deklarasi di Bandung], kami pun segera melakukan rapat. Dan, hasil rapat kemarin langsung disampaikan ke media," ujar Ketua MUI Jabar Rachmat Syafei kepada CNNIndonesia.com pada 2 Agustus lalu.

(Antara)

Let's block ads! (Why?)

Baca Dong Selanjut nya https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180825222242-20-324946/bandara-pekanbaru-diklaim-tak-terganggu-demo-tolak-neno

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bandara Pekanbaru Diklaim Tak Terganggu Demo Tolak Neno"

Post a Comment

Powered by Blogger.