Search This Blog

#2019GantiPresiden Sempat Ricuh, Polisi Ingin Surabaya Aman

Jakarta, CNN Indonesia -- Polrestabes Surabaya membubarkan aksi deklarasi #2019GantiPresiden di Ibu Kota Provinsi Jawa Timur, Minggu (26/8) karena khawatir akan memicu bentrok antara massa pro dan kontra gerakan tersebut.

Bentrokan antarmassa, baik pendukung deklarasi #2019GantiPresiden dan organisasi masyarakat Pemuda Pancasila (PP), Banser, Gerakan Pemuda Ansor, serta masyarakat Surabaya hampir terjadi di depan Kantor DRPD Provinsi Jatim, Jalan Rajawali Surabaya andai polisi tidak menghentikannya.

"Marilah kita cintai Surabaya. Mari sama-sama membubarkan diri. Semua sudah bubar. Saya yang tanggung jawab," kata Kapolrestabes Surabaya Komisaris Besar Rudi Setiawan dikutip Antara.


Namun di Jalan Indrapura yang tak jauh dari kawasan Tugu Pahlawan, kericuhan antara dua massa sempat terjadi. Mereka sempat saling dorong sebelum akhirnya dilerai aparat kepolisian.

Rudi mengatakan pihaknya sudah mengimbau sejak kemarin supaya kedua massa menahan diri dan menjaga Surabaya agar tetap kondusif.

Terkait dengan pembubaran deklarasi itu, kata Rudi, kepolisian hanya menegakkan aturan yang berlaku.

"Alhamdulillah, semua sudah selesai. Kedua belah pihak sudah membubarkan diri dan situasi Surabaya aman kembali," katanya.

Kepolisian mendorong agar Surabaya aman. Untuk itu, semua pihak apa pun aspirasinya, lanjut Rudi, harus memperhatikan ketentuan yang berlaku serta menjaga Surabaya untuk tetap kondusif.

"Kami kedepankan negosiasi dan tahapan lain. Saya sudah menginstruksikan anggota semua untuk tetap bertahan mengamankan Kota Surabaya guna mengantisipasi kejadian berlanjut," ujarnya.

Untuk diketahui deklarasi #2019GantiPresiden batal dilakukan di Surabaya, Sabtu (26/8) setelah mendapat penolakan dari massa anti #2019GantiPresiden. Kedua massa antara yang pro dan anti sempat ricuh. Mereka sempat terlibat saling dorong namun dapat dipisahkan pihak kepolisian.

Polisi kemudian membubarkan kedua massa yang anti dan pro #2019GantiPresiden. Mengingat dari awal polisi memang tidak mengeluarkan izin untuk deklarasi gerakan ini dilaksanakan di Surabaya. (osc/sur)

Let's block ads! (Why?)

Baca Dong Selanjut nya https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180826152018-20-325024/2019gantipresiden-sempat-ricuh-polisi-ingin-surabaya-aman

Bagikan Berita Ini

0 Response to "#2019GantiPresiden Sempat Ricuh, Polisi Ingin Surabaya Aman"

Post a Comment

Powered by Blogger.