Search This Blog

MK Nilai Kebenaran Prabowo Raih 0 Suara Sulit Dibuktikan - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan tim Prabowo-Sandiaga Uno tak dapat membuktikan klaim ribuan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang menunjukkan perolehan suara 0 bagi calon nomor 02 itu.

Dalam permohonan, tim Prabowo menyebut ada sekitar 5.268 TPS yang menunjukkan perolehan Prabowo-Sandi 0 suara. Menurut mereka, hal itu mustahil terjadi.

Namun, menurut hakim, perolehan 0 suara di TPS sangat mungkin terjadi. Merujuk dari bukti yang diajukan KPU selaku termohon, pasangan 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin juga tak memperoleh suara sama sekali atau 0 di beberapa TPS.

"MK tidak dapat menelusuri kebenaran TPS yang hasilnya 0 suara karena pemohon tidak menunjukkan spesifik TPS mana saja yang 0 suara. MK tidak dapat membuktikan karena pemohon tidak menyampaikan bukti-bukti," ujar anggota hakim konstitusi Manahan Sitompul saat membacakan pertimbangan putusan di ruang sidang MK, Jakarta, Kamis (26/6).


Dalam pertimbangannya, hakim menyatakan klaim tim Prabowo yang menyebut ada sekitar 5.268 TPS 0 suara juga tak jelas. Menurut hakim, jumlah itu bukan angka pasti karena mereka menggunakan diksi 'sekitar' dan jumlah itu hanya perkiraan.

"Terlebih pemohon juga tidak menyebutkan di mana saja TPS 0 tersebut. Pemohon sendiri juga ragu dengan kepastian tempat sehingga menyebut di hampir sebagian besar Jawa Timur, Jawa Tengah, khususnya Boyolali, dan beberapa daerah lain," katanya.

Hakim mengatakan, tim Prabowo justru seolah ingin membebankan agar MK membuktikan berapa sesungguhnya jumlah TPS 0 suara yang diperoleh calon 02 itu.

(psp/ain)

Let's block ads! (Why?)

Baca Dong Selanjut nya https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190627174806-12-407104/mk-nilai-kebenaran-prabowo-raih-0-suara-sulit-dibuktikan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "MK Nilai Kebenaran Prabowo Raih 0 Suara Sulit Dibuktikan - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.