Search This Blog

Ini daftar kerugian Indonesia akibat kegiatan tambang Freeport versi Amien Rais

Merdeka.com - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, meminta kepada pemerintah untuk segara menutup operasi pertambangan Freeport di Papua. Hal ini dikarenakan sudah banyak kerugian yang ditimbulkan Freeport untuk Indonesia.

BERITA TERKAIT

Mantan ketua MPR ini menyebut beberapa bentuk kerugian yang ditimbulkan Freeport seperti kerusakan lingkungan, pengemplangan pajak dan kejahatan hak asasi manusia (HAM).

"Kejahatan lingkungan. Limbah dibuang ke sungai dan tanah subur di sekitar sungai mencapai jumlah 700.000 ton per hari. Diperkirakan jumlah limbah bakal menyundul angka 6 sampai 7 miliar ton," ungkapnya di Kompleks DPR RI, Jakarta, Kamis (26/7).

"Bila limbah itu dibuang ke Jakarta yang luasnya 660 kilo meter persegi, maka tanah permukaan DKI bertambah tinggi sekitar 5 meter," imbuhnya.

Selain itu, menurut Amien, dia pernah mendapat informasi Freeport memasukkan alat pertambangan secara bebas pajak. "Saya berkesempatan melihat Freeport. Freeport memasukkan alat berat pertambangan sampai kebutuhan dan semuanya bebas pajak. Karena Freeport merasa seperti negara kecil di atas Indonesia," tuturnya.

Oleh karena itu, dia meminta pemerintah untuk tidak lagi mengizinkan Freeport beroperasi Papua. "Memang sebaiknya tutup tambang Freeport, titik! No extension," tegasnya.

[bim]

Let's block ads! (Why?)

Baca Dong Selanjut nya https://www.merdeka.com/uang/ini-daftar-kerugian-indonesia-akibat-kegiatan-tambang-freeport-versi-amien-rais.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini daftar kerugian Indonesia akibat kegiatan tambang Freeport versi Amien Rais"

Post a Comment

Powered by Blogger.