Search This Blog

Anies: Untuk Bapak Kepala KASN, Jangan Berpolitik

Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta Kepala Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Sofian Effendi tidak berpolitik selama menjalankan tugas dan fungsi jabatannya.

Hal itu disampaikan Anies dalam menanggapi rekomendasi yang dibuat oleh KASN perihal perombakan jabatan di lingkungan Pemprov DKI.

"Untuk bapak kepala KASN, jangan berpolitik," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Senin (30/7).


Anies menilai seharusnya Kepala KASN tak perlu membocorkan rekomendasi instansinya kepada publik.

Menurut Anies, persoalan rekomendasi atas polemik perombakan jabatan di Pemprov DKI merupakan proses administrasi antarinstansi.

"Ini contoh ketidaktertiban, karena itu bekerjalah profesional," ujar Anies.

Anies memahami KASN telah sering memberikan rekomendasi perihal perombakan jabatan. Namun, ia beranggapan hal itu tidak bisa serta merta membenarkan apa yang dilakukan oleh KASN.

"Bahwa dulu pernah melakukan bukan berarti sekarang boleh," ucap Anies.


Ketua KASN Sofian Effendi sebelumnya menyebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hanya mengirim kliping pemberitaan di surat kabar usai ditegur soal perombakan pejabat.

Padahal Anies seharusnya menunjukkan berita acara pemeriksaan (BAP) pemeriksaan kinerja pejabat yang dicopot sesuai aturan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

"Ada, ada hasil pemeriksaannya yang ditandatangani yang bersangkutan, itu yang dijadikan bahan bukti. Nah, sekarang yang dikirim ke kita cuma guntingan, guntingan koran," kata Sofian.


Menurut Sofian, bukti BAP dibutuhkan karena Anies mengklaim pencopotan beberapa pejabat terkait kinerja buruk.

KASN pun telah menyatakan ada pelanggaran dalam perombakan 16 jabatan yang dilakukan oleh Anies.

Atas hal itu, KASN pun merekomendasikan Anies untuk segera mengembalikan jabatan para pejabat yang telah dicopot.

"Gubernur DKI Jakarta agar segera mengembalikan para pejabat pimpinan tinggi yang diberhentikan melalui Surat Keputusan Gubernur Jakarta Nomor 1036 Tahun 2018 tersebut kepada jabatan semula," tutur Sofian, Jumat (27/7).

(gil)

Let's block ads! (Why?)

Baca Dong Selanjut nya https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180730164947-32-318124/anies-untuk-bapak-kepala-kasn-jangan-berpolitik

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Anies: Untuk Bapak Kepala KASN, Jangan Berpolitik"

Post a Comment

Powered by Blogger.