Search This Blog

Polri & FBI masih selidiki dokumen penting kapal pesiar mewah di Bali

Merdeka.com - Lebih dari tujuh jam, tim gabungan Bareskrim Mabes Polri, FBI, Polair Polda Bali dan Syahbandar pelabuhan Benoa Bali, melakukan pemeriksaan di kapal pesiar mewah bernama Equanimity.

BERITA TERKAIT

Dari hasil penggeledahan, di kapal senilai Rp 3,5 triliun itu, para petugas menyita beberapa alat dan dokumen-dokumen penting untuk dilakukan pemeriksaan.

"Kami melakukan pemeriksaan alat navigasi apakah memang dilakukan sesuai di-record. Di navigasi ini, juga ada peralatan komunikasi dan beberapa alat sudah kami sita seperti data-data di komputer, sudah kami ambil dan selanjutnya sedang kami lakukan pendalaman," ucap Wakil Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Tipideksus) Bareskrim Mabes Polri, Kombes Pol Daniel Tahi Monang Silitonga. Rabu (28/2) malam.

Menurut Daniel, kapal pesiar mewah tersebut sudah berada di perairan Benoa Bali sejak 20 November 2017 lalu. Untuk rute dimana saja kapal ini singgah, masih belum diketahui karena masih dalam pemeriksaan.

Selain itu, untuk atas nama siapa kepemilikan kapal tersebut, Daniel menuturkan masih sedang didalami. Namun, dia juga mengungkapkan bahwa kapal mewah ini bagian uang yang dibelanjakan dari hasil dugaan korupsi tiga tahun yang lalu (2014).

"Untuk sementara kepemilikan kapal ini masih didalami karena belum kami periksa dokumen-dokumen nanti kami akan rilis setelah didalami. Untuk para kru semua WNA dan ada sebagaian yang kami periksa, yaitu kru inti saja. Ada 33 kru di dalam kapal tapi ada ship, tadi 29 kru yang sedang bertugas," jelasnya.

Daniel juga mengatakan, untuk malam ini murni penyelidikan karena memang ada laporan dari FBI pada pemerintah Indonesia untuk meminta penyelidikan.

"Kita sudah keluarkan surat penyelidikan, dari lidik beberapa hari yang lalu, dan naik menjadi sidik. Kita sudah sita kapal ini karena sudah ada izin dari Ketua Pengadilan Denpasar untuk menyita dan sudah kita lakukan dan izin menggeledah juga kita sudah dilakukan," ujarnya.

Untuk sementara, menurut Daniel penyelidikan akan dilanjutkan besok dan untuk kapal tersebut akan dijaga oleh para penyidik yang masih berada di dalam kapal tersebut. [dan]

Let's block ads! (Why?)

Baca Dong Selanjut nya https://www.merdeka.com/peristiwa/polri-fbi-masih-selidiki-dokumen-penting-kapal-pesiar-mewah-di-bali.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Polri & FBI masih selidiki dokumen penting kapal pesiar mewah di Bali"

Post a Comment

Powered by Blogger.