Search This Blog

Potensi Tsunami Selat Sunda Terjadi Lagi Akibat Aktivitas Gunung Anak Krakatau Diungkap Ahli Ini - Banjarmasin Post

BANJARMASINPOST.CO.ID - Potensi Tsunami Banten dan Tsunami Lampung (Tsunami Selat Sunda) masih bisa terjadi akibat aktivitas Gunung Anak Krakatau diungkap ahli geologi.

Aktivitas Gunung Anak Krakatau terus mengalami peningkatan sejak 22 Desember 2018 lalu. Status gunung ini juga sudah berubah dari Level II waspada menjadi Level III siaga per Kamis (27/12/2018) lalu. Lantas apakah bisa menjadi tsunami Selat Sunda lagi?

Potensi tsunami Banten dan Tsunami Lampung atau tsunami Selat Sunda disebut masih ada akibat aktivitas Gunung Anak Krakatau menurut Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rudy Suhendar.

Rudy mengatakan, sebaran abu yang sudah mencapai Cilegon dan Anyer memicu status gunung ini ditingkatkan statusnya.

Baca: Link Pengumuman Hasil Akhir CPNS 2018 KemenBUMN, Kemenaker, Kemenhub & Kominfo, di sscn.bkn.go.id?

Baca: Kondisi Sebenarnya Ifan Seventeen Kehilangan Dylan Sahara Diungkap Kembarannya Usai Tsunami Banten

Baca: Status Terkini Gunung Anak Krakatau, Warga 2 Pulau Diungsikan, Ancaman Tsunami Selat Sunda?

Baca: Sosok Ini Sebut Syahrini Menikah pada 2019, dengan Reino Barack, Mantan Kekasih Luna Maya?

Baca: Stylish Mana? Gaya Maia Estianty dan Mulan Jameela Saat Liburan ke Pantai

Masyarakat juga diminta untuk tidak beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah gunung, untuk menghindari terkena material letusan Gunung Anak Krakatau yang setiap saat mengalami erupsi.

Rudy mengatakan, meningkatnya aktivitas Gunung Anak Krakatau ini berpotensi untuk menghasilkan longsoran seperti terjadi pada 22 Desember 2018 lalu.

Pihaknya sudah mengkonfirmasi jika longsoran tersebut menjadi salah satu pemicu terjadinya tsunami.

"Kejadian tsunami beberapa waktu lalu diakibatkan salah satunya longsoran gunung. Secara dimensi lewat citera satelit, kami bisa menghitung kurang 64 hektar luas longsoran," kata Rudy di Pos Pemantaun Gunung Anak Krakatau Pasauran, Kabupaten Serang, Kamis (27/12/2018).

Untuk saat ini, dirinya belum bisa memastikan apakah ada potensi longsoran Gunung Anak Krakatau lainnya atau tidak.

Namun, kata dia, kemungkinan akan terjadi lagi, mengingat aktivitas Gunung Anak Krakatau menghasilkan getaran yang berpengaruh pada struktur gunung.

Let's block ads! (Why?)

Baca Dong Selanjut nya http://banjarmasin.tribunnews.com/2018/12/27/potensi-tsunami-selat-sunda-terjadi-lagi-akibat-aktivitas-gunung-anak-krakatau-diungkap-ahli-ini

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Potensi Tsunami Selat Sunda Terjadi Lagi Akibat Aktivitas Gunung Anak Krakatau Diungkap Ahli Ini - Banjarmasin Post"

Post a Comment

Powered by Blogger.