Search This Blog

Kondisi Terkini Gunung Anak Krakatau, Tinggi Gunung Semula 338 Meter, Sekarang Tinggal 110 Meter - Tribunnews

TRIBUNNEWS.COM - Kondisi terkini Gunung Anak Krakatau menunjukkan adanya penurunan tinggi Gunung Anak Krakatau, Jumat (28/12/2018). 

Pada saat tidak ada letusan, teramati puncak Gunung Anak Krakatau tidak terlihat lagi. 

Dikutip Tribunnews.com dari situs Badan Geologi Kementerian ESDM, berdasarkan hasil analisis visual, terkonfirmasi bahwa Gunung Anak Krakatau yang tingginya semula 338 meter, sekarang tingginya tinggal 110 meter.

Pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM melaporkan bahwa secara visual pada 28 Desember 2018 pada pukul 00.00-12.00 WIB, teramati letusan dengan tinggi asap maksimum 200-3000 meter di atas puncak kawah Gunung Anak Krakatau dengan abu vulkanik bergerak ke arah timur-timurlaut.

Sementara cuaca teramati berawan-hujan dengan arah angin dominan ke timur-timur laut.

Baca: Gunung Anak Krakatau 27 Kali Meletus Mengeluarkan Abu Vulkanik Sore Ini

Selanjutnya, pada pukul 14.18 WIB, cuaca cerah dan terlihat asap letusan tidak berlanjut.

Terlihat tipe letusan surtseyan, terjadi karena magma yang keluar dari kawah Gunung Anak Krakatau bersentuhan dengan air laut.

Sebelumnya, PVMBG mencatat terjadi perubahan pola letusan pada jam 23.00 tanggal 27 Desember 2018 yaitu terjadinya letusan-letusan dengan onset yang tajam.

Letusan Surtseyan terjadi di sekitar permukaan air laut.

Dari Pos PGA Pasauran, posisi puncak Gunung Anak Krakatau saat ini lebih rendah di banding Pulau Sertung yang menjadi latar belakangnya.

Let's block ads! (Why?)

Baca Dong Selanjut nya http://www.tribunnews.com/section/2018/12/28/kondisi-terkini-gunung-anak-krakatau-tinggi-gunung-semula-338-meter-sekarang-tinggal-110-meter

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kondisi Terkini Gunung Anak Krakatau, Tinggi Gunung Semula 338 Meter, Sekarang Tinggal 110 Meter - Tribunnews"

Post a Comment

Powered by Blogger.