Search This Blog

Tol Cipali Tergenang Air Hingga Dilanda Angin Puting Beliung - ayobandung.com

INDRAMAYU, AYOBANDUNG.COM -- Curah hujan tinggi menyebabkan jalan Tol Cipali KM 136.200 atau sekitar wilayah Cikedung, Kabupaten Indramayu, di arah Jakarta maupun Bandung sempat tergenang air, Selasa (31/12/2019) sore.

Bukan saja genangan air, di waktu bersamaan angin puting beliung juga melanda Cikedung.

Untuk genangan, ketinggian air diketahui berkisar 15-20 cm dengan panjang jalan yang tergenang 200-250 m. Akibat kejadian itu, sejumlah pengendara harus berhati-hati.

Otoritas Tol Cipali menduga pula, genangan yang terjadi sejak sekitar pukul 17.00 WIB itu merupakan kiriman air dari dari luar jalan tol.

AYO BACA : Tarif Tol Cipali Naik Mulai 3 Januari 2020

"Kendaraan kecil masih bisa lewat lajur 2, mengingat titik genangan terdalam ada di lajur 1 serta bahu jalan. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," ungkap General Manajer Operasi PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku pengelola Tol Cipali, Suyitno.

Petugas LMS serta PJR bersiaga dan melakukan pengarahan lalu lintas kepada pengguna jalan yang melintas. Pengarahaan terus dilakukan hingga tak ada genangan air.

Sekitar pukul 18.00 WIB, jalan tol sudah bebas dari genangan air dan jalan bisa dilalui dengan aman.

Dia meyakinkan, genangan air ini bukan akibat tak berfungsinya saluran air atau drainase jalan tol.

AYO BACA : Polisi Sosialisasikan Keselamatan di Tol Cipali

"Kami sudah membangun drainase  sesuai Detailed Engineering Design (DED) yang telah disetujui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat berdasarkan kondisi setempat saat itu," paparnya.

Dia menjamin, semua air di sepanjang ruas Tol Cipali selalu dipelihara rutin, baik pembersihan maupun perbaikan yang diperlukan.

Sistem drainase pada jalan tol, jelasnya, hanya berfungsi sebagai saluran untuk menampung dan mengalirkan air hujan maupun air yang berasal dari permukaan badan jalan tol.

"Jadi, tak berfungsi untuk menampung air akibat adanya perubahan tata guna lahan dan tata ruang sekitar jalan tol," tambahnya. 

Sementara itu, angin puting beliung merusakkan gerbang kantor Tol Cipali di kawasan Cikedung.

Meski dilanda genangan air dan angin puting beliung, aktivitas di gerbang tol tak terganggu.

AYO BACA : Sambut Libur Nataru, Pengelola Tol Cipali Berlakukan Sistem Satu Arah

Let's block ads! (Why?)

Baca Dong Selanjut nya https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMibWh0dHBzOi8vd3d3LmF5b2JhbmR1bmcuY29tL3JlYWQvMjAxOS8xMi8zMS83NDk3OC90b2wtY2lwYWxpLXRlcmdlbmFuZy1haXItaGluZ2dhLWRpbGFuZGEtYW5naW4tcHV0aW5nLWJlbGl1bmfSAQA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tol Cipali Tergenang Air Hingga Dilanda Angin Puting Beliung - ayobandung.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.