Search This Blog

Penjelasan Kemenhub soal Penyebab Banjir di Tol Cipali - Detiknews

Indramayu - Banjir yang sempat melanda Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 136 Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, sudah surut. Arus lalu lintas baik dari arah Jateng maupun Jakarta kembali normal.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan (BKIP Kemenhub) Hengki Angkasawan mengatakan berdasarkan laporan dari pengelola jalan Tol Cipali PT Lintas Marga Sedaya (LMS) penyebab banjir dikarenakan adanya air kiriman dari luar jalan tol.

"Berdasarkan laporan yang kami terima, genangan air yang terjadi ini bukan diakibatkan tidak berfungsinya saluran air atau drainase jalan tol, tetapi diduga berasal dari kiriman air dari luar jalan tol," kata Hengki dalam rilis yang diterima detikcom, Selasa (31/12/2019) malam.


Ia menjelaskan drainase yang ada di tol berfungsi untuk menampung dan mengalirkan air hujan, atau air yang berada di badan jalan tol. Drainase jalan tol, lanjut Hengki, tidak difungsikan untuk menampung air akibat adanya perubahan tata guna lahan dan tata ruang sekitar jalan tol.

Menurut Hengki, berdasarkan laporan dari posko monitoring nataru di kantor Pusat Kemenhub dan dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), dilaporkan bahwa lokasi genangan air terjadi di jalan Tol Cipali arah Palimanan KM 132 hingga 136 A dan arah Jakarta KM 140 hingga 136 B.

"Ketinggian air diperkirakan sekitar 50 sentimeter," kata Hengki.


Kendati arus lalu lintas sudah normal, Hengki mengimbau agar pengendara tetap waspada dan berhati-hati.

Untuk mengantisipasi terjadinya banjir susulan, Kemenhub telah berkoordinasi dengan kepolisian, pengelola jalan tol dan stakeholder lainnya terkait rekayasa lalu lintas. "Melakukan pengalihan jalur dengan menyiapkan jalur non-tol yaitu jalur pantai utara (Pantura)," kata Hengki.

Tonton video Tol Cipali Km 136 Banjir, Lalin Macet Parah!

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)

Let's block ads! (Why?)

Baca Dong Selanjut nya https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMiaWh0dHBzOi8vbmV3cy5kZXRpay5jb20vYmVyaXRhLWphd2EtYmFyYXQvZC00ODQyMTc0L3BlbmplbGFzYW4ta2VtZW5odWItc29hbC1wZW55ZWJhYi1iYW5qaXItZGktdG9sLWNpcGFsadIBAA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penjelasan Kemenhub soal Penyebab Banjir di Tol Cipali - Detiknews"

Post a Comment

Powered by Blogger.