Search This Blog

Polisi Sebut Jerry D Gray Juga Jadi Korban Hoax dan Media Sosial - detikNews

Jakarta - Kapolres Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi mengungkapkan Jerry D Gray, yang ditangkap karena menghina Presiden Joko Widodo, merupakan korban berita hoax. Jerry terprovokasi posting-an berita-berita bohong yang tersebar di media sosial.

"Seperti ini yang kami amati ini, erat juga hubungannya dengan prilaku di lapangan. Yang bersangkutan, berdasarkan keterangan setelah kami interogasi, merupakan korban hoax," kata Kombes Hengki kepada wartawan di Mapolres Jakarta Barat, Slipi, Jakbar, Selasa (28/5/2019).

Hengki mengatakan Jerry terprovokasi sejumlah berita hoax di media sosial, salah satunya terkait 'Brimob China'. Karena tersebarnya foto anggota Brimob itu, dia lantas menuding pemerintahan disusupi komunis.

"Dia mempercayai ada Brimob menggunakan baju hitam dari negara China, komunis kemudian datang ke Indonesia, dia tidak terima," kata Hengki.

"Setelah saya sampaikan tadi, akhirnya tahu bahwa itu hoax, dia tahu belakangan. Artinya, dia korban hoax juga, korban medsos juga," lanjut Hengki.

Hal ini, kata Hengki, menggambarkan bahwa banyaknya berita hoax yang tersebar mengakibatkan perilaku maupun cara pandang seseorang menjadi brutal. Penyebaran berita hoax di media sosial yang tidak terkontrol juga menimbulkan kebencian terhadap suatu kelompok atau golongan yang berpotensi menimbulkan perpecahan.

"Artinya ini hubungannya erat antara medsos dan militansi di lapangan, termasuk brutalisme di lapangan. Ini yang harus diwaspadai," lanjut Hengki.

Hengki pun mengimbau masyarakat tidak mudah percaya pada berita-berita di media sosial yang belum tentu kebenarannya. Masyarakat diimbau bijak dalam bermedia sosial.

"Oleh karenanya, penegakan hukum kami ini, kami arahkan agar memberikan efek jera secara generalis, jangan coba-coba menyampaikan berita bohong yang tidak pasti di medsos akhirnya mengantar seperti dia ini ke penjara. Jaga jarimu karena dengan jarimu bisa mengantar ke penjara," tutup Hengki.


(mea/mea)

Let's block ads! (Why?)

Baca Dong Selanjut nya https://news.detik.com/berita/d-4568884/polisi-sebut-jerry-d-gray-juga-jadi-korban-hoax-dan-media-sosial

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Polisi Sebut Jerry D Gray Juga Jadi Korban Hoax dan Media Sosial - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.